Kamis, 25 Maret 2010

Reboisasi Yang Mudah

SahabatHijau yang setia, kali ini kita akan membahas tentang reboisasi. Reboisasi adalah kegiatan penghijauan yang dilakukan dengan menanam tanaman untuk mengurangi dampak dari globalwarming.
Masihkah SahabatHijau merasa kepanasan yang sangat panas di siang hari maupun malam hari ? Nah, hal itu merupakan salah satu dampak dari globalwarming atau pemanasan global. Lalu, apa yang harus kita lakukan dalam rangka meminimalkan dampak pemanasan global itu ? Salah satunya adalah melakukan reboisasi.
Di pikiran SahabatHijau, pasti akan terbayang kegiatan reboisasi membutuhkan lahan untuk ditanami bibit-bibit pohon yang harus kita beli, sedangkan lahan di lingkungan SahabatHijau yang dapat ditanami tidak ada dan dana untuk membeli bibit-bibit tersebut juga tidak ada. Sebenarnya, hal tersebut dapat dihilangkan dari konsep reboisasi secara umum.
Kita tetap dapat melakukan kegiatan reboisasi  yang mudah di lingkungan kita, tanpa memerlukan lahan yang besar untuk ditanami. Seperti menanam pohon di halaman rumah kita atau membuat taman kecil di dalam kelas di sekolah kita. Sebelum membuat taman kecil di dalam kelas ataupun di lingkungan sekolah, hendaknya pihak sekolah melakukan sosialisasi tentang penghijauan atau mengadakan lomba penghijauan di lingkungan sekolah. Jika sekolah tidak mencanangkan program seperti itu, setiap kelas dapat mengindahkan kelasnya sendiri dengan membuat taman kecil, lalu mengkoordinasi teman-temannya untuk membawa tanaman-tanaman yang akan ditata rapi baik di dalam kelas maupun di luar kelas sehingga terlihat indah dan segar dilihat.
Nah, jika kegiatan reboisasi yang mudah itu sudah dilakukan, pastinya lingkungan akan terlihat hijau. Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kesuburan tanaman yang sudah tertata itu dengan menyiraminya dan member pupuk. Dengan begitu, tidak hanya menjaga lingkungan, tetapi juga akan melatih tanggung jawab kita.
Bagaimana menurut SahabatHijau tentang ide reboisasi tersebut ? Mudah bukan ? Segera lakukan demi hijaunya bumi ini ! Kami Ingin Hijau !


 
Tips diatas dapat didownload hanya disini.

0 komentar:

Posting Komentar