Jumat, 26 Maret 2010

3R Dan R Yang Lain

SahabatHijau, pasti sudah sering mendengar istilah 3R kan ? 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan dan bumi kita. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang 3R dan beberapa R yang lain yang tentunya merupakan beberapa cara untuk menjaga lingkungan kita.

1.      Reduce
Reduce berarti mengurangi. Jadi, maksud dari Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. Seperti, mengurangi belanja barang-barang yang tidak “terlalu” dibutuhkan seperti baju baru, aksesoris atau apa pun yang intinya adalah pengurangan kebutuhan, mengurangi penggunaan kertas, mengurangi penggunaan tissue, membaca koran online untuk mengurangi penggunaan kertas, dan lain sebagainya.
2.      Reuse
Reuse berarti menggunakan kembali. Jadi, maksud dari Reuse adalah menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan. Seperti, memberikan baju yang kekecilan ke saudara, memberikan baju-baju bekas ke panti asuhan, baju-baju bayi yang hanya digunakan beberapa bulan dapat diberikan kepada yang membutuhkan, menggunakan kantong plastik yang masih bisa digunakan, dan lain sebagainya.
3.      Recycle
Recycle berarti mendaur. Jadi, maksud dari Recycle adalah mendaur ulang barang-barang bekas menjadi barang-barang baru. Seperti, mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk yang bisa digunakan, menggunakan botol plastik bekas sebagai pot tanaman atau kerajinan yang lainnya, mendaur ulang kertas-kertas bekas menjadi kertas baru yang bisa dipakai, mengumpulkan sampah-sampah plastik seperti bekas kemasan sabun yang bisa dijadikan kerajinan, dan lain-lain.
4.      Repair
Repair berarti memperbaiki. Jadi, maksud dari Repair adalah usaha perbaikan untuk lingkungan. Seperti, memperbaiki barang-barang yang rusak seperti menjahit sepatu jebol sehingga kita tidak perlu membeli sepatu baru, memperbaiki pipa-pipa limbah rumah tangga yang sudah jebol sehingga tidak mencemari air sungai yang masih bersih, dan lainnya.
5.      Refuse
Refuse berarti menolak. Jadi, maksud dari Refuse adalah menolak dan menghindari hal-hal yang dapat merusak lingkungan. Seperti, menolak pemakaian bahan yang menggunakan plastik dan memilih barang yang lebih ramah lingkungan, menolak penjual yang menawarkan pemakaian tas plastik ketika berbelanja usahakan supaya kita sudah membawa keranjang belanjaan sendiri yang bisa digunakan berulang kali, dan sebagainya.
6.      Replant
Replant berarti menanam kembali. Maksud dari Replant adalah menanami kembali lahan-lahan yang sudah gundul atau membuka lahan baru dalam rangka penghijauan. Seperti reboisasi atau perbaikan lahan karena dengan Replant kita bisa memiliki daerah resapan yang lebih besar dan menahan limpahan air yang bisa menyebabkan longsor.

Nah, SahabatHijau, itu lah 3R dan R yang lainnya yang sangat efektif untuk menghijaukan lingkungan kita jika benar-benar dilaksanakan. Semoga artikel ini bisa mewujudnyatakan impian kalian untuk menghijaukan lingkungan ini. ^^



Tips diatas dapat didownload hanya disini.

0 komentar:

Posting Komentar