Selasa, 23 Maret 2010

Merawat Tumbuhan, Merawat Bumi

SahabatHijau semua, masih ingkatkah artikel Reboisasi Yang Mudah ? Artikel kali ini merupakan kelanjutan dari artikel Reboisasi Yang Mudah, tetapi pada artikel ini CintaHijau akan memberikan tips-tips untuk menjaga tumbuhan yang merupakan faktor penting dalam kelestarian alam dan kelangsungan bumi. Apa saja sih tips-tipsnya :
1.      Menanam tumbuhan
Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel Reboisasi Yang Mudah, kita dapat melakukan kegiatan menanam tumbuhan dengan membuat taman kecil di kelas kita maupun di lingkungan yang lain. Atau hal yang lebih mudah lagi, kita dapat menaruh beberapa pohon kecil (tanaman bunga) yang dapat ditaruh di depan kelas dekat pintu atau tempat yang lainnya.
Pastinya, dengan adanya tumbuhan di lingkungan kelas kita akan mempercantik dan memperindah kelas kita.
2.      Pemeliharaan tumbuhan
Jika kita sudah menanam tumbuhan, tentunya kita wajib memeliharanya. Pemeliharaan tumbuhan dapat dilakukan dengan menyiram, memupuk, mencangkok, dan mencabut rumput-rumput liar yang dapat menjadi hama bagi tumbuhan tersebut.
Tumbuhan yang sehat dan baik akan terlihat lebih indah jika selalu dirawat.
3.      Jangan merusak tumbuhan
Kalau tumbuhan sedang berbunga, tentunya kita pasti ingin memetiknya. Jangan lakukan hal itu! Apalagi kalau kita sedang duduk di dekat tumbuhan dan iseng memetik daunnya, itu tidak baik, sama saja kita merusak tumbuhan.
Biarkan tumbuhan itu tumbuh semestinya.
4.      Jangan gunakan pestisida untuk membasmi hama
Sudah sering tersiar berita, begitu banyak petani yang meninggal karena teracuni pestisida. Dan setelah diteliti, memang benar pestisida membahayakan manusia. Gas-gas beracun dari pestisida dapat terhirup oleh manusia dan meracuni tubuh manusia. Untuk itu, jika ada hama pada tanaman, kita dapat membasminya dengan arang yang ditumbuk kemudian bubuk arang itu kita taburkan diatas permukaan tanah tumbuhan atau dengan tembakau yang dicampurkan dengan air dan kapur lalu disemprotkan ke tumbuhan.
Musnahkan hama dengan pembasmi ramah lingkungan.

Nah, lakukan tips-tips diatas dalam perawatan tumbuhan agar tumbuhan tetap hidup dengan baik dan subur. Karena tumbuhan merupakan faktor penting dalam mengantisipasi globalwarming.


Tips diatas dapat didownload hanya disini.

0 komentar:

Posting Komentar